PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR (POS)
REGISTRASI/HERREGISTRASI DAN PENGISIAN KARTU RENCANA STUDI MAHASISWA
UNIVERSITAS MULAWARMAN
SEMESTER GANJIL 2013/2014
MAHASISWA LAMA DIMULAI TANGGAL 02 JULI 2013 - 31 JULI 2013
MAHASISWA BARU DIMULAI TANGGAL 16 AGUSTUS 2013 - 30 AGUSTUS 2013
(Akses Informasi di https://sireg.unmul.ac.id)
Herregistrasi/registrasi mahasiswa
dilaksanakan oleh Bagian Pendidikan BAAK Unmul. Heregistrasi/Registrasi
adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa, selama
masih aktif terdaftar dan belum lulus disuatu program studi yang ada
dilingkungan Universitas Mulawarman. Herregistrasi/registrasi
dilaksanakan sebanyak dua kali dalam satu tahun, yakni semester ganjil
dan semester genap.
Registrasi/herregistrasi dan pengisian Kartu Rencana Studi
mahasiswa pada semester Ganjil tahun akademik 2013/2014 di lingkungan
Universitas Mulawarman dilaksanakan secara online, mahasiswa lama
dimulai tanggal 2 Juli 2013 - 30 Juli 2013 dan untuk mahasiswa baru
tanggal 16 Agustus 2013 - 30 Agustus 2013, dengan alur sebagai berikut:A. Proses Herregistrasi
- Membayar SPP pada Bank mitra Universitas Mulawarman antara lain : Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank Muamalat dan BanKaltim.
- Bagi mahasiswa yang mengajukan penundaan pembayaran SPP dapat mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor Universitas Mulawarman, sebelum pelaksanaan pembayaran SPP dan herrregistrasi dimulai.
- Bagi mahasiswa penerima Beasiswa BIDIKMISI sebelum herregistrasi harus menunjukkan Surat Keterangan yang dikeluarkan oleh BAUK Universitas Mulawarman kemudian diverifikasi oleh petugas helpdesk Bagian Keuangan BAUK Universitas Mulawarman.
- LOGIN ke sistem registrasi/herregistrasi online http://sireg.unmul.ac.id dengan menggunakan Nomor Induk Mahasiswa (NIM), mengisi password portal akademik (password yang sama pada semester sebelumnya dan diberikan hanya satu kali sampai mahasiswa menyelesaikan studinya) serta memindahkan kode security.
- Melengkapi dan mengisi biodata di sistem online (jika ada perubahan data).
- Meng-Klik Tombol “Registrasi”. Pastikan nama anda sudah terdaftar dan telah melaksanakan herregistrasi pada semester Ganjil tahun akademik 2013/2014.
- Mengambil Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) di Gedung Auditorium Universitas Mulawarman dengan menunjukkan Tanda Bukti Telah Registrasi Semester Ganjil Tahun Akademik 2013/2014.
- Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) dilakukan setelah melewati proses registrasi/herregistrasi dengan mengakses sistem KRS online di Portal Akademik http://portal.unmul.ac.id dengan user ID NIM dan password yang sama pada semester sebelumnya.
- Mengklik tombol "Kartu Rencana Studi" dan klik "Tambah" untuk mendaftarkan KRS, lalu melakukan centang mata kuliah dan kelas yang akan diambil dengan mengklik "Tambah" dan klik "Cetak".
- Melakukan konsultasi, koreksi serta arahan mengenai mata kuliah yang diprogramkan dengan Dosen Pembimbing Akademik (PA).
- Jika Dosen Pembimbing Akademik belum setuju maka mahasiswa kembali ke langkah Nomor 1 dan 2 untuk mengubah mata kuliah yang diprogramkan.
- Mencetak KRS yang sudah disetujui oleh Dosen Pembimbing Akademik (PA) sebanyak 4 rangkap masing-masing untuk Fakultas, jurusan/ program studi, Dosen PA dan mahasiswa yang bersangkutan.
- Mahasiswa menandatangani KRS setelah mendapat persetujuan dari Dosen PA.
- KRS yang sudah disetujui dan ditandatangani oleh Dosen PA kemudian diserahkan ke Fakultas untuk diverifikasi oleh operator SIA online Fakultas.
- Mahasiswa yang hanya memprogramkan Tugas Akhir (Seminar/ Skripsi/Tesis/Disertasi) tetap wajib mengisi KRS online.
- Mengikuti perkuliahan sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh fakultas masing-masing.
- Mahasiswa masih diberi kesempatan merubah/menghapus KRS apabila ada mata kuliah yang jam perkuliahan bertabrakan dengan mata kuliah yang lain setelah minggu ke 2 dari masa perkuliahan, selanjutnya pelayanan KRS online ditutup.
- Mahasiswa yang terlambat mengisi KRS secara online dan terlambat menyerahkan ke fakultas disarankan untuk cuti kuliah.
- Acmad Bisri, A. Amd. | HP. 081253387201 |
- M. Syahrian Noor, SP. | HP. 085246911784 |
- Agus Tri Haryono, S.Kom. | HP. 085247559718 |
- Dwi Rahmawati, S.Kom. | HP. 081347203868 |
- Amir Amiruddin. | HP. 085386341750 |
- Ika Sari Rahayu. | HP. 085245090175 |
- Lily Rahmawati, S.Sos. | HP. 085246312096 |
- Rita Safitri, SE. | HP. 085250083135 |
- Operator SIA Fakultas masing-masing |
Mahasiswa yang tidak membayar SPP, tidak melaksanakan registrasi/ herregistrasi dan tidak mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) online serta tidak menyerahkan KRS online ke Fakultas masing-masing pada waktu yang telah ditentukan tidak diperbolehkan mengikuti seluruh kegiatan akademik Universitas Mulawarman.
Samarinda, 26 Juni 2013 | ||||||||||
an. | Rektor | |||||||||
Pembantu Rektor I, | ||||||||||
Prof. Dr. Ir. H. Afif, M.Agr. | ||||||||||
NIP. 19500418 197302 1 001 |
0 comments:
Posting Komentar